Helm Charger

HP Tak Lagi Ngedrop

Kabar gembira bagi para penggemar touring atau bersepeda motor jarak jauh.   Saat Anda berada di wilayah yang jauh dari jangkauan jaringan listrik, tak perlu khawatir kalau-kalau HP yang Anda bawa kehabisan baterai.  Berkat helm charger, kemanapun Anda berpetualang HP tak lagi “ngedrop”.


Peranti kreatif ini merupakan buah tangan Maria Eleonora Angelina, siswa kelas 2 SMP Kristen Petra 3, Surabaya.  “Idenya sih muncul dari teman-teman di sekolah.  Mereka kan banyak yang naik sepeda motor, juga banyak yang bawa HP. Juga dari rasa penasaran orang tua  Jadi saya ciptakan helm ini untuk mereka,” paparnya.

Di atas helm terdapat baling-baling kecil.  Terhubung dengan sebuah rangkaian, motor DC, kapasitor, dan IC regulator. Kabel out put menjuntai di bagian belakang helm. Kabel itu dihubungkan dengan socet input pada HP. Saat sepeda motor berjalan, angin akan menerpa baling-baling dan menggerakkan kenerator atau dinamo.  Arus listrik pun akhirnya dibangkitkan.  Peranti ini bekerja optimal ketika sang pengendara sepeda motor melaju dengan kecepatan 60 km / jam.  Sementaraitu, kuat arus yang ditimbulkan sebesar 600 m ampere.

Saat ini alat ini masih terus dikembangkan.  Rencananya, helm charger bisa digunakan untuk mengisi baterai aneka gadged lain yang kerap dibawa saat berkendara motor. Misalnya laptop atau MP3.

Helm dengan desain khusus.  Disediakan dudukan perlengkapan generator dan IC (Integrated Circuit) regulator di bagian atas.  Tiupan angin akan memutar baling-baling yang menggerakkan dinamo atau generator mungil.  Pembangkit listrik itu akan mehasilkan tegangan sebesar 5 volt.  Tegangan sebesar itu diperoleh saat baling-baling berputar dengan torsi 3.200 rpm, atau ketika  sepeda motor melaju dengan kecepatan 60 km / jam.  Arus listrik yang timbul kemudian dialirkan menuju IC Regulator.  Di bagian ini arus distabilkan sebelum dikirim menuju kabel out put menuju HP.  Kabel out put dirancang panjang (1 – 1,5 m).  Sehingga bisa menjangkau HP yang berada di dalam saku baju maupun celana.  Untuk melindungi perangkat elektronik, dipasang penutup ata casing di bagian atas helm.

Kontak

Bila Anda tertarik mencoba ide ini, silakan meminta izin kepada SMP Kristen Petra 3, Surabaya, Kantor :Jl Manyar Tirtosari Raya 1-3, Surabaya. Telp.(031) 594 7898.  Atau Bapak Gunawan Siswoyo : 08165406343.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s