Kompor Gastrik

Perkawinan Etanol & Listrik

Boleh dikatakan kompor ini adalah prototype kompor masa depan.  Didesain dengan bentuk modern, ekonomis dan ramah lingkungan.  Di tengah fenomena bahan bakar fosil yang semakin langka Ramp Indonesia melakukan penelitian dan mebuahkan hasil kompor Gastrik.  Perpaduan teknologi gas dan listrik.  Sebagai sumber tenaga, kompor ini berbahan bakar bioethanol.

Bahan bakar terbaharui ini diubah menjadi gas melalui alat pemanas bertenaga listrik.  Pemanas ini menyelubungi pipa atau selang penyalur dari tanki menuju kompor.  Pemasangan kipas pendorong membuat uap yang dihasilkan berubah menjadi gas bertekanan.  Sehingga saat dinyalakan akan menghasilkan nyala api biru layaknya kompor gas.

Keunggulan kompor ini diantaranya yaitu menghasilkan api biru, aman, efisien, mudah dioperasikan, tabung tidak rawan meledak.  Sebab bahan bakar bersifat inkompresibel.  Kelebihan lain yaitu ramah lingkungan , bersih dan tidak berjelaga.  Panas yang dihasilkan oleh bioethanol lebih tinggi bila dibanding panas dari kompor minyak tanah. Sementara itu harga bioethanol juga lebih murah dibanding dengan minyak tanah.  1 liter minyak tanah seharga Rp 7.500 sedangkan bioethanol Rp 5.000 / liter.

Cara pemakaiannya sederhana.  Sebelum digunakan, sakelar untuk peranti penguap ethanol diaktifkan.  Tunggu sekitar 5 –1 0 menit sampai temperatur selang siap menguapkan ethanol.  Setelah itu Anda bisa memutar tombol pemantik api untuk menyalakan kompor.  Kompor ini dilengkapi tabung bahan bakar berkapasitas 1,5 – 2  liter.

Informasi :

Sekretariat Ramp Indomesia, Recapital Building, 9th floor, Jl. Adityawarman 55, Kebayoran Baru, Jakarta 12160, Telepon : 021 7260759, Fax 021 7260 259, Email : info@inotek.or.id, Website : www.ramp-indonesia.org atau www.inotek.or.id

Sumber : Majalah Ide Bisnis


10 thoughts on “Kompor Gastrik

  1. saya mau meralat dikit nih mas karena saya jg kenal dgn inovatornya
    tabung bahan bakar kompor Gastrik itu kapasitasnya 1.5 – 2 Liter bukan 15 Liter seperti yg ditulis anda..
    kalau 15 liter ya setara air mineral galon dong😛
    triims

    • Terimaskasih Pak Buyung, saya segera meralatnya. Dari inotek ya? Oh iya,.. sudah dapat Majalah Ide bisnisnya belum? Saat itu saya meliput untuk Majalah Ide Bisnis, dalam sebuah pameran di JHCC,…

  2. Salam kenal mas. Blog yang informatif untuk orang bebas seperti saya agar selalu bekerja dan beraktivitas produktif . .
    Siapa tau ada yg bisa saya terapkan jadi tambahan usaha . . .

    Trima kasih.
    Arief

  3. Pingback: Kompor Gastrik « randyaria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s