Tips

Menentukan Harga Bersaing

      Ketika pesaing telah dikenal, selanjutnya Anda dapat mempelajari strategi harga yang mereka terapkan.  Beberpa hal yang harus dicermati diantaranya yaitu: dimulai dari berapa tingkat harga mereka, ada atau tidak diskon-diskon, berapa besar diskon tersebut, serta berapa persen margin yang diberikan kepada perantara.  Informasi tersebut penting  diketahui.  Sebab keputusan bersaing ataupun menghindari persaingan dapat dilakukan perusahaan.

Pola reaksi pesaing

Perusahaan perlu memprediksi apakah pesaing akan bereaksi atau tidak terhadap harga yang telah ditetapkan.  Bila bereaksi, maka pola reaksinya harus dicermati ?Ada4 kemungkinan pola reaksi pesaing, yaitu:

Cooperative pricing

Adakesepakatan tidak resmi mengenai harga.  Hal ini sering terjadi pada pasar yang oligopolistik.  Dimana sebuah perusahaan sangat berkepentingan terhadap kebijakan harga perusahaan lain.  Kalau satu perusahaan menaikkan harga, perusahaan lain.  Kalau satu perusahaan menaikkan harga, maka perusahaan lain ikut menaikkan garga.  Ini bermanfaat untuk semua pesaing.

Adaptive pricing

Pesaing kecil biasanya menyesuaikan harganya pada harga yang ditetapkan oleh pasaing besar.  Menyesuaikan bukan berarti menyamakan.  Melainkan menetapkan harga lebih rendah, sama atau lebih tinggi.  Pokoknya menjadikan sebagai acuan.

Opportunistic pricing

Dalam satu situasi ini, pesaing mencari kesempatan untuk memotong harga atau menunda kenaikan harga setelah pesaing lain menaikkan harga.  Dengan kata lain, mereka selalu mencari kesempatan untuk menetapkan harga yang lebih rendah daripada pesaing. 

Predatory pricing

Ini adalah penetapan harga pada tingkat sangat rendah yang bertujuan untuk mematikan pesaing, karena pesaing tidak mampu lagi beroperasi pada tingkat harga tersebut.  Setelah pesaing bangkrut, kemudian perusahaan menaikkan harga.

One thought on “Tips

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s