Sarang Burung Walet

Miliaran Rupiah Dari Liur Burung

     Bisnis yang tak ada matinya.  Pangsa pasar luarnegeri masih terbuka lebar.  Usai berinvestasi, peternak hanya menunggu panen.  Harga sarang wallet kualitas super dibandrol Rp 13 juta / kg.

Seleksi Sarang burung (Foto Dok. Eka Walet)

Budi Adjisalim B.Sc, salah satu pengusaha sekaligus pionir bisnis sarang wallet di Indonesia memaparkan, hingga sekarang Indonesia menjadi pemasok sarang burung wallet terbesar di dunia.  “Tak kurang 80% sarang burung walet yang beredar di dunia adalah hasil petani Indonesia. Itupun, hinggga saat ini kita masih selalu mengalami kekurangan pasokan,” kata pria berusia 46 tahun ini.  Pangsa pasar terbesar sarang burung walet adalah Negara China.

Bisnis walet sebenarnya sudah berlangsung sejak lama.  Pada kisaran tahun 1980 – 1983. Banyak orang yang belum mengetahui potensi bisnis sarang burung walet.  Peluang ini hanya diketahui orang-orang tertentu saja. “Dulu saya sering berkunjung ke Pulau Bangka dan Belitung.  Disana banyak sarang burjung walet, tapi masyarakat setempat mengusir burung-burung tersebut dan membuang sarangnya. Mereka menganggap burung kok bikin kotor,” tutur Budi Adjisalim B.Sc.

Krismon dongkrak harga

Bekerjasama dengan Dr. E.Nugroho, Budi berupaya melakukan sosialaisasi manfaat sarang burung walet.  Pria ini kemudian mengajak masyarakat yang tinggal di sentra-sentra sarang burung walet bekerjasama berbisnis sarang burung.  Tahun 1984, sarang burung walet mulai dibudidayakan.  Beberapa masyarakat mulai membuat rumah penangkaran. Kesadaran terhadap nilai dan potensi jual sarang burung walet semakin diperkuat dengan maraknya diselenggarakan seminar budidaya burung walet.  Saat itu nilai tukar Dolar Amerika  terhadap Rupiah belum terlalu tinggi.  Sehingga harga jual sarang burung walet belum begitu mahal “Masih berkisar antara Rp 2 juta – 3 juta / kilo,” kata Budi.

anak walet

Harga sarang burung walet semakin terdongkrak ketika krisis moneter berlangsung pada tahun 1998.  Saat itu harga nya mencapai Rp 28 juta / kilo.  “Banyak orang kaya mendadak karena sarang burung walet,” katanya.  Akibatnya, semakin banyak orang tertarik membudidayakan burung walet.  Harga pun akhirnya normal lagi pada kisaran Rp 14 juta – 15 juta / kg.

Hingga saat ini pelaku budidaya sarang burung walet tersebar di seluruh Indonesia. Untuk pangsa pasar tidak terlalu banyak, Pangsa pasar paling banyak untuk keperluan ekspor.  Sarang burung walet sendiri merupakan makanan kelas bangsawan di China.  Disamping itu, sarang burung walet juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit pernafasan, untuk meningkatkan vitalitas.

EKA WALET menjual berbagai sarana budidaya walet.  Budi juga bersedia menjadi penampung sarang burung walet dari petani dan siap memasarkan ke luar negeri. Sebelum melakukan budidaya walet, berbagai persiapan harus dilakukan.  Salah satunya yaitu survey potensi kawasan yang akan digunakan sebagai tempat budidaya walet.  EKA WALET  siap membantu calon pengusaha walet untuk berkonsultasi. Setelah lokasi ditentukan, potensi sudah diketahui berikutnya adalah mendesain rumah walet. Rumah wallet harus disesuikan dengan kondisi lingkungan wallet di alam.

Walet tidak membutuhkan kondisi lingkungan khusus.  Di daerah perkotaan pun bisa.  “Syaratnya cuma satu, yaitu banyak terdapat sumber makanan,” kata Budi. Burung walet gemar menyantap berbagai serangga.  Burung walet mencari makanan dalam jarak jangkau puiluha kilo meter.  “Jadi dia tidak terpengaruh jarak sumber makanan, asalkan tempat tinggal atau rumah yang disediakan nyaman,” imbuh Budi.

Sarang walet Mangkuk Putih (Foto dok. Eka Walet)

Idealnya burung walet memang dibudiayakan di kawasan perkebunan, persawahan dan di daerah pantai yang banyak terdapat serangga.  Ukuran ideal untuk rumah walet yaitu Panjang 15 meter, lebar 5 meter dan tinggi 15 meter.  Untuk keperluan membangun rumah walet, dibutuhkan investasi minimal Rp 200 juta.  Lebih besar lebih bagus.  Rumah yang besar memungkinkan walet terbang di dalamnya secara leluasa.  Suhu udaranya pun menjadi sejuk.

Sriti pengasuh walet

Burung sriti bisa digunakan untuk starter awal untuk menggundang burung walet.  Caranya, sarang burung seriti yang sudah berisi telur, telurnya diganti dengan telur burung walet.  Atau mengganti anak seriti yang sudah menetas dengan anak walet.  Dengan cara seperti ini, burung seriti secara tidak sadar sudah menjadi induk asuh bagi anak-anak walet.  Kelak ketika anak walet sudah besar, mereka akan tinggal dalam rumah walet tersebut.  Beranak pinak di dalamnya.  Budi juga menjual anak dan telur walet. Anak dan telur walet dapat dibeli di toko milik Budi, atau EKA WALET.  Harga telur dan anak wallet sama.  Dibandrol Rp 9.000 / pasang atau /2 ekor anak.

Peluang bisnis sarang burung walet sangat prospektif.  Penghasilan bersih dari setiap kg sarang brung walet Rp 14juta – 15 juta. Beternak burung walet tidak perlu repot-repot menyediakan pakan, menyediakan vaksin, obat, listrik. 1 sarang dihasilkan 2 burung. Burung walet tidak mengenal musim.  Setiap tahun terus panen.  Menurut pengalaman Budi, dalam setiap tahun petani dapat mesuk dalam panen raya sebanyak 3 kali.

Kehadiran sarang burung walet palsu sangat membantu petani.  Saat sarang sudah besar, namun telah berisi telur, sarang bisa dipanen lalu diganti dengan sarang palsu.  Dengan cara seperti ini, burung walet bisa tetap berkembangbiak di rumah walet. 1 kg berisi 120 sarang.  1 sarang dihasilkan setiap 1 bulan.  Kuwalitas sarang ditentukan oleh warna dan tingkat kebersihannya.  Sarang burung walet berwarna putih dihargai paling tinggi.

Di Pulau Jawa, daerah yang potensial yaitu di kawasan Pandeglang, Serang, Balaraja, Panimbang.  Kawasan Sumatera dan Kalimantan kualitasnya bagus. Sarang burung walet yang sudah dipanen, disortasi.  Sarang burung dibedakan menjadi beberapa kelas.  Yaitu super, segitiga, dan mangkok.  Sarang walet segitiga harganya lebih murah.  Sarang ini dihasilkan karena menempel di bagian suduh rumah.  Setelah disortasi, sarang dibersihakan dari kotoran.  Misalnya bulu, lalu di oven supaya kering dan tidak berjamur.  Berikutnya, sarang burung walet dikemas.

Setiap bulan menghasilkan 4 -5 kg /bulan / rumah.  Untuk menambah kapasitas produksi, Budi menjalin kemitraan dengan petani sebagai plasma.  Setiap bulan Budi rutin mengekspor sarang walet sebanyak 100 – 150 kg. Harga jual sarang burung walet sebesar Rp 13 juta / kg.  Jadi bisa diasumsikan omzet yang diperoleh dari sarang burung walet sebesar Rp 1,3 – 1,5 Miliar / bulan.

Hewan Penganggu Walet

  1. Tikus, burung hantu & tokek: sering memangsa telur dan anak walet

Cara mencegahnya: pada saat malam hari, ketika burung walet sudah masuk kedalam rumah semua, lubang-lubang masuk di sorot dengan lampu.  Sehingga burung hantu, tikus dan kelelawar tidak masuk.  Bila kelelawar sudah terlanjurmasuk, pada siang hari, saat burung mencari makan, kelelawar bisa diusir atau ditembak.

  1. Kelelawar : mengurangi kenyamanan dalam rumah walet.  Bersaing memperoleh tempat tinggal
  2. Semut : memangsa anak-anak walet yang barusaja menetas.

Rumah Walet yang Nyaman

Kelembaban di dalam rumah berkisar antara 85%, kondisi tenang, kelembaban bisa diciptakan dengan memasang mesin pelembab.  Serta melapisi dinding bagian dalam ruamh walet dengan semen khusus. Semen ini bisa mempertahankan suhu dan kelembapan udara.  Suhu udara yang ideal yaitu 28C.

Setelah rumah walet selesai dibangun, kondisi di dalamnya sudah disesuaikan, sekarang saatnya mengundang kehadiran penguhuni.  Anda bisa mengundang walet dengan menggunakan bantuan alunan suara kaset yang dipancarkan dengan pengeras suara. Harga player beserta pengeras suara Rp 4,5 juta.  Ada beberapa macam jenis kaset dengan suara walet yang berbeda.  Yang pertama yaitu suara walet menginap, berikutnya adalah suara panggil, dan suara untuk perkembangbiakan atau penambah populasi.

Bila dikawasan tersebut merupakan sumber walet, berkeliaran setiap saat, maka kaset diputar 24 jam.  Sedangkan bila tempat tersebut hanya merupakan kawasan perlintarasn,  kaset diputar pada jam-jam burung walet melintas.  Butuh survey untuk mengetahui kebiasaan lalulintas walet.

3 thoughts on “Sarang Burung Walet

  1. sy mau jual sarang burung walet goa berapa bapak terima per 1 kg & untuk walet gedung berapa bapak terima per 1 kg mohon informasinya, walet dari sumatera bisa rutin,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s