Investasi Emas

Cara Mudah Berlindung Dari Inflasi

 Investasi emas akan selalu bagus sepanjang masa.  Hanya saja investasi emas itu bukan berdagang.  Demikian, pandangan Rully Kustandar, praktisi dan pelaku investasi emas di Bandung.

     

      Investasi emas lebih pada sebuah cara mempertahankan diri dari dampak inflasi.  Atau bisa dikatakan sebagai trik agar daya beli tetap kuat.  “Uang itu sangat terpengaruh nilai tukar dan inflasi.  Sedangkan emas nilainya selalu sama,” kata Rully.  Bisa diilustrasikan dengan perbandingan antara harga kambing dan emas. Bila saat ini kambing setara dengan 5 gram emas.  Maka sampai kapanpun nilai tersebut tidak akan berubah.  Sementara nilai kambing akan menjadi semakin mahal dari tahun ke tahun bila diukur dengan mata uang.

Rully menyarankan, emas sangat cocok bila akan digunakan sebagai bentuk investasi atau simpanan hasil usaha.  Pasalnya, nilai emas tidak dipengaruhi nilai tukar.  “Ketika hasil usaha disampan dalam bentuk uang, nilainya akan menurun dari waktu ke waktu,” tegas praktisi investasi emas itu.

Investasi emas bersifat jangka panjang.  Minimal 3 – 5 tahun baru bisa dirasakan hasilnya.  Rully sendiri menekuni investasi emas sudah sejak  6 tahun lalu.  Ia menginvestasikan uang hasil usahanya dalam bentuk emas.  Dengan seperti ini nilai hasil usahanya tidak merosot dari waktu kewaktu.  Menurut Rully, salah satu cara membeli emas yaitu dengan beli gadai.  Sejumlah emas dibeli lalu investor mencicilnya secara bertahap di bank.

Ada banyak tempat yang menjual emas.  Salah satunya di PT Aneka Tambang.  Harga emas per 13 Desember 2011 adalah sebagai berikut: 1gr 548.000/gr, 10gr 512.500/gr, 25gr 509.480/gr, 50gr 507.940/gr, 100gr 507.240/gr, 1 kg 506.000/gr. Informasi harga emas dunia bisa disimak di www.kitco.com. Untuk menjamin keamanan, Rully menyewa save deposit box di sebuah bank untuk menyimpan emasnya.  “Murah kok, tarifnya Cuma Rp 250.000 – 300.000 / tahun,” tutur staf ahli investasi emas BRI Syariah itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s