Kopi Wajib Catur

Bisnis Berbasis Komunitas, Sarana Membangun Loyalitas Pelanggan

Sekecil apapun bisnis Anda, tepat membidik target pasar itu penting.  Dengan cara seperti ini sebuah usaha bisa memiliki ciri khas.  Letak khas bisnis dapat menjadi salah satu formula pembangun loyalitas  pelanggan.  Berbekal kesetiaan konsumen, rezeki akan selalu mengalir.  Warung Kopi Wajib Catur, sebuah warung kopi di salah satu sudut kota Bogor.  Sang pemilik sengaja memasang papan bertuliskan “Yang Tak Main Catur Dilarang Minum Kopi”.

Pengusaha kreatif ini menata papan catur di setiap meja.  Tak mengherankan bila seluruh pengunjung di warung itu terlihat asyik main catur.  Pengunjung rela berlama-lama tinggal di kedai itu  sambil menikmati seduhan kopi.  Semakin asyik bermain catur, kian banyak porsi kopi dipesan.  Itu berarti rejeki bagi sang pemilik kedai kopi kian menumpuk.  Di kedai kopi itu pula pemain catur rutin  bertemu dan adu kemahiran catur.  Kopi darat pemain catur ini pada akhirnya akan membentuk komunitas. Sebuah perkumpulan pemain catur yang tak dapat lepas dari seduhan kopi Kedai Kopi wajib catur.

Selain hobi catur, ada banyak cara untuk mengadopsi tips berjualan seperti itu.  Beberapa diantaranya yaitu membentuk komunitas pemain sepeda, omunitas sepeda motor, komunitas mobil , dan komunitas hobi yang lain.  Anda bisa membidik salah satu dari komunitas tersebut , atau beberapa komunitas sekaligus.  Agar bisa cocok, sebaiknya Anda menyediakan produk yang mereka butuhkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s